Oleh: Indonesian Children | Desember 14, 2009

Tips Cara Aman Menggunakan Microwave

10 Cara Aman Menggunakan Microwave

Microwave merupakan produk elektronik terpenting yang layak dimiliki setiap keluarga di dapurnya. Cara kerjanya yang sangat praktis, serta dijamin kebersihan dilingkungan dapur membuatnya layak terutama bagi Anda yang suka memasak.

10 cara aman menggunakan microwave sebagai berikut :

  1. Gunakan wadah yang aman Artinya wadah tersebut dibuat khusus untuk microwave, yang pasti tahan panas.   Jangan pernah memakai wadah yang terbuat dari logam (mangkok, piring dari logam) karena akan berakibat fatal, yakni bisa memunculkan percikan api.
  2. Hati – hati ketika memindahkan makanan dari microwave Kadangkala, ketika makanan selesai dimasak, wadah yang dipakai buat memasak   terasa dingin. Namun jangan salah, makanan yang berada didalamnya masih panas. Gunakanlah sarung tangan oven untuk memindahkan makanan dari microwave.
  3. Jangan meninggalkan microwave memasak pop corn  Jangan coba – coba meninggalkan microwave saat memasak pop corn kalau tidak  ingin makanan yang berasal dari jagung ini gosong.
  4. Jangan operasikan microwave saat kosong Jangan pernah memencet tombol start saat microwave dalam keadaan kosong.     Gelombang micronya akan melambung dan menabrak dinding interior microwave. Kondisi ini dapat menyebabkan kebakaran.
  5. Pastikan penutup makanan memiliki lubang  Jika Anda menutup makanan saat memasak menggunakan microwave, pastikan Anda  membubuhkan lubang di penutupnya sebagai ventilasi. Jika tidak, Anda dapat  mencelakai diri sendiri yakni ada letupan panas, terutama ketika hendak membuka   tutup setelah masakan matang.
  6. Aduk makanan saat dimasak Aduklah makanan yang Anda makan selama dimasak dengan microwave. Waktu yang  tepat adalah saat setengah dari waktu memasak yang disarankan. Hal ini akan  menghilangkan kemungkinan munculnya area beku. Area beku tersebut merupakan tempat yang tumbuhnya bakteri yang dapat menyebabkan Anda sakit.
  7. Biarkan makanan sejenak  Setelah microwave selesai dimasak, hal yang penting yang bisa Anda lakukan adalah  membiarkannya sejenak untuk beberapa menit. Jika tidak hati – hati, bisa – bisa   tangan Anda melepuh dibuatnya.
  8. Bersihkan microwave secara teratur  Membersihkan microwave Anda secara teratur akan mencegah tumbuhnya bakteri didalamnya.
  9. Jangan pakai lagi microwave Anda jika pintunya rusak     Jika pintu microwave Anda rusak atau tidak dapat ditutup sempurna, lebih baik jangan  gunakan lagi. Sebab microwave seharusnya tertutup rapat dan terkunci saat proses   memasak.
  10. Jangan coba memperbaiki sendiri  Jika microwave Anda rusak, jangan coba – coba memperbaiki sendiri. Cek garansi yang  Anda peroleh ketika membelinya.

Audi Yudhasmara

KORAN INDONESIA SEHAT

Yudhasmara Publisher

Jl Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta Pusat

Phone : (021) 70081995 – 5703646

https://koranindonesiasehat.wordpress.com/

 

 

 

 

Copyright © 2009, Koran Indonesia  Sehat  Network  Information Education Network. All rights reserved.


Tinggalkan komentar

Kategori