Oleh: Indonesian Children | April 23, 2010

Normalkah Gula Yang Anda Konsumsi Per Hari

Normalkah Gula Yang Anda Konsumsi Per Hari

 

 

Makan banyak gula tidak hanya membuat gemuk. Konsumsi berlebih pencipta rasa manis ini juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.  Asosiasi Makanan dan Obat AS (FDA) mengingatkan agar asupan gula wanita tidak lebih dari 100 kalori per hari, atau enam sendok teh (25 gram). Sedangkan laki-laki sebesar 150 kalori gula atau sembilan sendok teh (37,5 gram).

Sayangnya, masih banyak orang yang mengonsumsi gula dalam porsi berlebihan. Terbukti, riset terhadap 6.000 orang menemukan, hampir 16 persen kalori sehari-hari berasal dari gula. Kelompok tertinggi memakan rata-rata 46 sendok teh gula per hari. Sementara kelompok terendah rata-rata hanya mengonsumsi gula sekitar 3 sendok teh setiap hari.

Penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat ini juga mengungkap, orang yang makan gula terlalu banyak berisiko memiliki kadar trigliserida tinggi dan kolesterol baik Hdl rendah.

“Seperti diet tinggi lemak, gula meningkatkan trigliserida dan kolesterol tinggi,” ujar Dr Miriam Vos dari Emory School of Medicine mengenai temuannya yang dimuat dalam Jurnal American Medical Association. Kondisi ini dapat memicu terjadinya serangan jantung.

“Asupan gula penting bagi kesehatan jangka panjang. Sekarang bagaimana cara untuk mengurangi asupannya,” ujar Vos seperti VIVAnews kutip dari laman MSNBC.

Sementara sejak beberapa waktu lalu, Amerika Serikat juga mulai merekomendasikan pengaturan natrium dalam makanan untuk menekan pengidap penyakit jantung. Di beberapa negara bagian termasuk New York dan California, pemerintah mengambil pajak atas minuman ringan untuk membiayai pengobatan berbagai penyakit yang dipicu obesitas.

 

Koran Sehat Indonesia


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: