Oleh: Indonesian Children | April 23, 2010

Minyak Zaitun Cegah Penyakit Jantung

Minyak Zaitun Cegah Penyakit Jantung

Minyak zaitun yang banyak dijumpai pada berbagai jenis masakan Italia, seperti pasta, bermanfaat untuk kesehatan jantung. Senyawa di dalamnya berperan memerangi kolesterol jahat yang menyumbat arteri jantung.

Penyumbatan pembuluh arteri yang menjadi pemicu utama serangan jantung umumnya terjadi akibat konsumsi makanan mengandung lemak jenuh. Namun, konsumsi minyak zaitun baik untuk meluruhnya lemak yang menyumbat. Hal itu dibuktikan dalam sebuah studi yang dilakukan di Inggris.

Dalam studi tersebut, 20 pasien dengan sindroma metabolik, yang memiliki risiko tinggi terserang penyakit jantung dan diabetes tipe 2, diminta untuk sarapan makanan yang mengandung dua jenis minyak zaitun.

Pertama adalah minyak zaitun extra virgin dengan kandungan fenol tinggi sebagai antioksidan alami. Sedangkan tipe lainnya, minyak zaitun rendah fenol. Selama enam minggu menjelang penelitian dimulai, semua pasien diminta menghindari konsumsi obat-obatan, vitamin, dan suplemen.

Dr Francisco Perez-Jimenez dari Universitas Cordoba mengatakan, “Kami berhasil mengidentifikasi 98 perbedaan efek yang terjadi saat membandingkan asupan minyak zaitun tinggi fenol dan rendah fenol.”

Secara umum, minyak zaitun mengandung omega-6 yang bermanfaat memproduksi polyunsaturates, yang cukup dikenal untuk mencegah peradangan yang memicu terjadinya penyakit jantung dan arthritis.

Ahli gizi mengatakan diet minyak zaitun juga mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah, fleksibilitas sel pelapis dinding pembuluh darah, terutama di jantung dan sistem peredaran darah.

 

KORAN INDONESIA SEHAT

Yudhasmara Publisher

Jl Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta Pusat

Phone : (021) 70081995 – 5703646

https://koranindonesiasehat.wordpress.com/

 

 

 

 

Copyright © 2009, Koran Indonesia  Sehat  Network  Information Education Network. All rights reserved.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: