Oleh: Indonesian Children | Januari 24, 2010

Anak Pengidap HIV Tidak Respon Terhadap Imunisasi MMR dan Cacar Air

Anak Pengidap HIV Tidak Respon Terhadap Imunisasi MMR dan Cacar Air

Banyak anak HIV-positif yang memakai terapi antiretroviral (ART) kehilangan antibodi terhadap tipe vaksin untuk penyakit seperti cacar dan gondong, termasuk juga antibodi untuk virus tipe liar seperti varisela zoster dan virus sitomegalo. Peneliti dari Belanda melaporkan hal ini pada Jurnal Pediatrics.

Pada umumnya setelah pemberian vaksin campak, gondong dan rubela (measles, mumps, rubella/MMR) kekebalan tubuh seumur hidup dapat dipertahankan pada anak yang sehat. Anak HIV-positif cenderung mempunyai respon tubuh dan fungsi kekeban tubuh yang lebih lemah dan berdampak lebih sementara. Tidak jelas apakah ART dapat menghentikan atau mengembalikan kehilangan antibodi spesifik. Untuk menyelidikinya, para peneliti menyelidiki 59 anak divaksinasi terhadap MMR sebelum memulai ART. Namun demikian, pada awalnya hanya 24 (43 persen) yang memiliki antibodi terhadap ketiga patogen tersebut. Lebih lanjut, selama memakai ART, antibodi terhadap campak hilang pada 40 persen anak yang HIV-positif pada awal. Dan juga, 38 persen anak kehilangan antibodi terhadap gondong dan 11 persen anak kehilangan antibodi terhadap rubela. Tidak satu pun dari 53 anak dengan virus kapsidantigen Epstein-Barr menunjukkan perubahan. Akan tetapi, terjadi kehilangan imunoglobulin G virus varisela zoster pada 7 dari 34 anak (21 persen) dan imonuglobulin G virus sitomegalo pada 3 dari 45 (7 persen).

Para peneliti mencatat bahwa beberapa anak divaksinasi ulang terhadap MMR. Walaupun tidak diketahui apakah kehilangan antibodi spesifik menunjukkan ancaman nyata, para peneliti menyimpulkan bahwa “pemeriksaan rutin untuk kehilangan antibodi spesifik pada anak HIV-positif sepertinya merupakan kewajiban.

Dr Widodo Judarwanto SpA
http://childrenclinic.wordpress.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: