Oleh: Indonesian Children | Januari 23, 2010

Tanda dan Gejala Awal Penyakit Pikun atau Alzheimer

Tanda dan Gejala Awal Penyakit Pikun atau Alzheimer

Sebuah studi dilakukan oleh peneliti dari University of Kansas untuk mengetahuinya. Ternyata pertanda awal Alzheimer adalah berkurangnya kemampuan spatial (kemampuan yang berhubungan dengan jarak dan ruangan) seperti membaca peta atau menyusun gambar. Peneliti dari Inggris tersebut mengatakan bahwa penyakit Alzheimer atau pikun tidak selalu ditandai dengan susah atau lupa mengingat sesuatu. Ada pertanda lain yang lebih dulu datang menghampiri.

Dalam studi yang melibatkan 444 orang, diketahui bahwa 134 orang diantaranya mengalami penyakit pikun. Peneliti melakukan sebuah tes merangkai benda atau gambar. Dan hasilnya, mereka yang didiagnosis terkena penyakit Alzheimer 3 tahun setelah tes itu ternyata diketahui tidak bisa melakukan tes tersebut.

Kemampuan yang disebut dengan visuospatial adalah kemampuan untuk menempatkan sebuah benda, objek atau gambar dalam sebuah tempat atau ruangan. Kemampuan inilah yang menjadi pertanda awal dan ciri seseorang akan mengalami penyakit Alzheimer atau pikun, setidaknya 3 tahun setelah gejala itu muncul. “Mengetahui lebih dini pertanda Alzheimer bisa menghindari kemungkinan yang lebih buruk nantinya serta memudahkan pengobatan, jadi tes seperti itu sangat penting dan sebaiknya dilakukan sedini mungkin ketika mulai terlihat gejala tersebut,” ujar Dr Susanne Sorensen dari The Alzheimer’s Society seperti dikutip dari BBC, Kamis (15/10/2009). Saat ini, penyakit Alzheimer tidak hanya menimpa orang-orang lanjut usia saja, tapi mulai memasuki usia paruh baya bahkan orang-orang dewasa muda. Diperkirakan sebanyak 700.000 orang di Inggris saat ini terkena penyakit yang merampas ingatan seseorang itu, dan jumlah ini akan terus meningkat seiring banyaknya kelompok lanjut usia yang tidak menjalani pola hidup tidak sehat ketika mudanya. “Studi lebih lanjut dibutuhkan untuk menangani penderita Alzheimer. Semakin cepat terdeteksi, semakin berkurang penderitaan dirinya dan juga keluarganya,” ujar Sorensen.

KORAN INDONESIA SEHAT
https://koranindonesiasehat.wordpress.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: