Oleh: Indonesian Children | Januari 23, 2010

Pemenang Nobel Kimia 2009 Pecahkan Teka-teki Ribosom

Pemenang Nobel Kimia 2009 Pecahkan Teka-teki Ribosom

Tiga ilmuwan yang memenangkan hadiah Nobel bidang Kimia tahun 2009 berhasil memecahkan peta misterius atom-atom pada ribosom (partikel kecil untuk sintesis protein), terobosan ini menjadi petunjuk penting dalam pengembangan antibiotik yang baru. Ketiga peneliti tersebut adalah Venkatraman Ramakrishnan dan Thomas Steitz yang berkebangsaan Amerika serta Ada Yonath berkebangsaan Israel yang telah menunjukkan bagaimana ribosom yang menghasilkan protein bisa berfungsi pada tingkat atom.

Sementara molekul DNA berisi kode-kode protein dalam setiap sel organisme, kemudian ribosom yang menerjemahkan informasi tersebut untuk kehidupan. “Ribosom selain penting dalam kehidupan juga merupakan target utama dari antibiotik yang baru,” ujar Komite Nobel Kimia di Royal Swedish Academy of Sciences, seperti dikutip dari Reuters. Ketiga peneliti tersebut menggunakan metode yang disebut dengan X-ray crystallography yang berguna memetakan posisi dari masing-masing ratusan ribu atom yang membentuk ribosom. Saat ini banyak antibiotik yang digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dengan mengahalangi fungsi dari ribosom bakteri.

“Hasil dari penelitian ini sekarang digunakan oleh para ilmuwan dalam rangka mengembangkan antibiotik baru sehingga bisa membantu menyelamatkan nyawa dan mengurangi penderitaan manusia,” tambahnya. Ketiganya mendapat hadiah masing-masing sepertiga dari total hadiah senilai US$ 1,4 juta atau 10 juta crowns Swedia. Hadiah Nobel ini diberikan setiap tahunnya untuk prestasi yang luar biasa di bidang ilmu pengetahuan, perdamaian, sastra dan ekonomi. Penghargaan bidang kimia merupakan penghargaan di hari ketiga, setelah sebelumnya telah diberikan penghargaan Nobel untuk bidang kedokteran pada 5 Oktober dan bidang fisika pada 6 Oktober. Hadiah untuk ilmu pengetahuan dan perdamaian diberikan sejak tahun 1901 oleh Alfred Nobel, sedangkan Bank Sentral Swedia mulai memberikan penghargaan untuk bidang ekonomi pada tahun 1969.

KORAN INDONESIA SEHAT
http://koranindonesiasehat.woordpress.com


Responses

  1. Terima kasih atas postingannya.
    menambah pengetahuan…terutama diseputar kesehatan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: