Oleh: Indonesian Children | Januari 23, 2010

Menikah Dengan Wanita Pintar dan Berpendidikan Membuat Pria Panjang Umur

Menikah Dengan Wanita Pintar dan Berpendidikan Membuat Pria Panjang Umur

Bila Pria ingin hidup lebih panjang maka pilihlah wanita yang pintar dan berpendidikan. Studi di Swedia membuktikan bahwa wanita berpendidikan adalah faktor kuat yang bisa membuat suami lebih sehat dan mencegah suami dari berbagai penyakit bahkan kematian. Hidup bersama pasangan wanita pintar ternyata bisa menurunkan risiko mati muda bagi pria, demikian menurut Robert Erikson dan Jenny Torssander dari Swedish Institute for Social Research, Stockholm.

Erikson dan Torssander menganalisis sensus penduduk dari sekitar 1,5 juta orang pria dan wanita usia 39 hingga 59 tahun yang memiliki pekerjaan dan sudah berkeluarga. Mereka pun menganalisis kematian penduduk antara tahun 1991 hingga 2003. Hasil analisa membuktikan bahwa tingkat kematian, baik pria maupun wanita lebih tinggi pada mereka yang tidak berpendidikan dan tingkat ekonomi yang sulit. Sebagai contoh, pria berpendidikan rendah (lulusan SMP atau SMA) diketahui lebih cepat meninggal dunia 1,1 kali dibanding pria-pria lulusan universitas.

Namun fokus Erikson dan Torssander tertuju pada pria-pria yang menikah dengan wanita berpendidikan. “Pengaruh wanita berpendidikan terhadap kematian suaminya ternyata sangat kuat. Hasil survei menunjukkan pria-pria yang menikah dengan wanita pintar dan berpendidikan umurnya lebih panjang dan lebih sehat,” ujar Erikson seperti dikutip dari Health24.

Faktor pendidikan juga berpengaruh pada wanita itu sendiri, apalagi jika ia menikah dengan pria yang pintar dan berpendidikan pula. Wanita yang menikah dengan pria biasa-biasa saja dan kurang berpendidikan diketahui berisiko meninggal dunia 1,25 kali lebih tinggi dibanding wanita yang menikah dengan pria berpendidikan. “Asumsinya adalah, wanita pintar dan berpendidikan tinggi punya perhatian dan kepedulian yang lebih tinggi untuk masalah kesehatan, baik pribadi maupun pasangannya. Mereka lebih tahu banyak hal, cara mencegah penyakit atau pengobatannya. Mereka juga lebih terbuka dan banyak mendapat informasi dari luar tentang masalah kesehatan, beda dengan wanita biasa-biasa saja yang lebih cuek untuk masalah kesehatan,” jelas Erikson. Pendidikan dan ekonomi ternyata sangat besar pengaruhnya terhadap tingkat kematian seseoarang, namun peran wanita berpendidikan ternyata lebih kuat dibanding ekonomi. Jadi, jika ingin tetap sehat, tercegah dari berbagai penyakit dan hidup lebih panjang, carilah wanita cerdas untuk dinikahi.

KORAN INDONESIA SEHAT
https://koranindonesiasehat.wordpress.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: