Oleh: Indonesian Children | Desember 16, 2009

OPERASI BEDAH PLASTIK : Operasi Pengencangan Muka dan Leher

Operasi Pengencangan Muka & Leher

 
 Facelift atau rhytidectomy adalah suatu tindakan operasi yang dilakukan untuk mengatasi masalah hilangnya elastisitas kulit pada wajah dan leher akibat proses penuaan; dengan mengencangkan kulit dan jaringan dibawahnya; termasuk mengurangi kelebihan lemak.

Dasar pertimbangan Facelift

Facelift adalah operasi untuk mengembalikan kehalusan, dan menyempurnakan bentuk wajah dan leher Anda. Ini akan membantu rasa percaya diri Anda menjadi lebih baik, dan barangkali Anda akan merasa lebih muda.

Apakah saya termasuk calon yang baik untuk facelift ?

Beberapa syarat yang menunjukkan Anda adalah calon baik untuk dilakukan Facelift:

{              Adanya garis atau lipatan yang dalam yang berjalan mulai dari sudut hidung sampai ke sudut bibir

{              Hilangnya garis ‘kemudaan’

{              Kerutan dalam di pipi dan daerah puncak tulang pipi

{              Berkurangnya elastisitas kulit ditandai adanya kerutan-kerutan kulit; atau akibat dari suatu proses involusi( penciutan jaringan atau organ) di muka atau leher.

Facelift biasanya dapat memecahkan masalah ini. Bagaimanapun elastisitas alis, lapisan-lapisan atas dan bawah kelopak mata atau kerutan di sekitar mulut akan timbul akibat kemunduran elastisitas kulit.

Dokter spesialis bedah plastik dapat memberikan informasi lebih lanjut jika Anda tertarik oleh prosedur lain yang dapat dilakukan di daerah tersebut.

Bagaimana cara melakukan Facelift ?

Oleh karena berbagai faktor individu, tidak semua orang akan mendapat hasil yang sama dari Facelift. Dokter spesialis bedah plastik Anda akan memilih teknik pembedahan yang mereka rasa akan memberikan hasil terbaik untuk Anda.

Dimana akan dilakukan sayatan Facelift ?

Meskipun banyak variasi untuk prosedur Facelift, umumnya sayatan sebagian besar disembunyikan di belakang telinga Anda. Garis sayatan dimulai dari pelipis diteruskan di sekitar liang telinga dan kembali ke batas garis rambut di belakang telinga. Bekas sayatan ini tidak terlihat karena tertutup oleh rambut dan mungkin oleh bedak yang Anda gunakan.

Bagaimana dokter spesialis bedah plastik dapat mengembalikan rasa percaya diri & kesegaran wajah Anda?

Sayatan Facelift dilakukan dengan hati-hati, dokter spesialis bedah plastik Anda membebaskan kulit dan memisahkannya dari jaringan di bawahnya dengan hati-hati. Setelah kulit ditarik ke atas, kelebihan kulit akan dibuang.

Memahami risiko

Untunglah, jarang terjadi komplikasi yang berarti dari Facelift. Setiap tahun ribuan orang sukses dalam operasi Facelift, menurut pengalaman tidak ada masalah yang penting dan mereka senang dengan hasilnya. Walaupun demikian, setiap pasien yang akan menjalani Facelift harus mengetahui keuntungan dan resikonya.

Saya mengerti bahwa setiap prosedur pembedahan mempunyai resiko, tapi bagaimana Saya belajar untuk dapat membuat keputusan yang tepat?

Melakukan diskusi yang baik sebagai dasar konsultasi Anda dan dokter bedah Anda, atau dengan anggota staf di kantor dokter Anda untuk membicarakan resiko dan kemungkinan komplikasi dari pembedahan.

Beberapa komplikasi yang mungkin timbul antara lain adalah hematom (kumpulan sejumlah darah di bawah kulit yang kadang perlu dikeluarkan), infeksi dan reaksi terhadap pembiusan.

Anda sangat membantu dalam memperkecil resiko dengan cara mengikuti nasehat dan instruksi dari dokter bedah plastik Anda; baik sebelum maupun setelah tindakan pembedahan.

Hasil operasi Facelift

Hasil dari operasi Facelift dapat demikian dramatis atau halus, tergantung bagaimana Anda membandingkan dengan kondisi sebelum operasi.

Berapa lama hasil akhirnya?

Proses penyembuhan terjadi secara perlahan, Anda harus menunggu beberapa minggu atau bulan untuk menikmati hasil akhirnya.

Waktu yang diperlukan untuk proses ini sangat tergantung dari beberapa variabel, termasuk sifat tubuh dan faktor gaya hidup. Proses akan berjalan secara berkesinambungan, pasien akan merasa senang dengan penampilannya untuk kurun waktu beberapa tahun.

Anda akan kembali ke dokter spesialis bedah Anda untuk tindak lanjut, menjalani evaluasi perkembangan setelah beberapa waktu. Segera setelah operasi dan follow up lengkap, dokter spesialis bedah menyarankan kepada pasiennya agar kembali untuk melakukan kontrol secara rutin, melakukan pengamatan dan membicarakan hasil pembedahan dalam jangka waktu lama.

Perlu diingat bahwa hubungan dengan dokter spesialis bedah plastik Anda tidak berakhir saat Anda meninggalkan ruang operasi.

Jika Anda mempunyai pertanyaan atau angan-angan mengenai operasi Anda, atau membutuhkan informasi tambahan untuk waktu yang akan datang, Anda dapat menghubungi dokter bedah Anda.

Audi Yudhasmara

KORAN INDONESIA SEHAT

Yudhasmara Publisher

Jl Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta Pusat

Phone : (021) 70081995 – 5703646

https://koranindonesiasehat.wordpress.com/

 

 

 

 

Copyright © 2009, Koran Indonesia  Sehat  Network  Information Education Network. All rights reserved.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: