Oleh: Indonesian Children | Desember 16, 2009

HIV-AIDS : Tempat Persembunyian Virus HIV di dalam tubuh telah Diketahui

Tempat Persembunyian Virus HIV di dalam tubuh telah Diketahui

Dalam usaha untuk mengungkap teka-teki AIDS-HIV, sebuah tim peneliti dari Kanada dan Amerika telah menemukan tempat persembunyian virus. Virus tersebut tampaknya bersembunyi di suatu tempat di dalam sel imun, menyebabkan virus dapat terhindar dari terapi obat-obatan.  Dengan data baru ini, ilmuwan mempunyai pedoman baru untuk mendapatkan inovasi dalam terapi AIDS-HIV.

Peneliti-peneliti Amerika dan Kanada dengan Oregon State University’s Vaccine and Gene Therapy Institute (VGTI) of Florida and the University of Montreal telah menemukan apa yang mereka yakini sebagai terapi yang lebih efektif dan potensial bahkan untuk menyembuhkan AIDS-HIV, berdasarkan penemuan tempat persembunyian virus. Mereka telah dapat menentukan dengan kombinasi berbagai pendekatan kemoterapi terhadap target, bersama dengan  terapi highly active anti-retroviral treatments (HAART) yang dulu digunakan untuk terapi leukemia, tidak hanya menghancurkan virus yang beredar di seluruh tubuh tetapi juga membunuh virus yang bersembunyi di dalam sel-sel sistem imun tubuh.

Menurut  co-leader penelitian, Dr. Rafick-Pierre Sekaly,” anda harus tidak membidik virus, tetapi sel-sel dimana virus-virus tersebut bersembunyi. Dan ini saya kira merupakan konsep yang berbeda dengan yang selama ini dilakukan semua orang. Ini jelas sebuah penemuan besar yang harus kita bawa ke atas meja.” Dia menambahkan, “ini akan menjadikan mungkin untuk menghancurkan sel-sel yang berisi virus sambil memberikan sistem imun waktu untuk beregenerasi dengan sel-sel sehat.

Peneliti-peneliti penelitian terbaru tersebut mendalami sel T atau sel-sel imun dalam penelitian mereka. Sel T merespon virus berdasarkan vaksin yang telah diterima tubuh. Jika suatu virus masuk ke dalam tubuh  seseorang yang telah divaksinasi terhadap virus tertentu maka sel T akan melakukan serangan langsung. Namun, sel T juga merupakan tempat sempurna bagi HIV untuk bersembunyi. Dr. Jean-Pierre Routy seorang peneliti infeksi dan imunitas di the Research Institute of the McGill University Health Centre di Montreal dan co-leader dalam penelitian tersebut mengatakan, “untuk pertama kalinya, penelitian ini membuktikan bahwa reservoir HIV tidak disebabkan oleh kurangnya potensi obat-obat antiretroviral tetapi virus bersembunyi di dalam dua tipe yang berbeda dari sel-sel imun memori CD4 long-life.”

Penelitian untuk pengobatan  dan penyembuhan yang lebih inovatif  untuk AIDS-HIV terus berlanjut. Sekarang ini, obat-obat dikembangkan untuk terapi kondisi yang telah mampu membuat AIDS-HIV tetap berada pada kadar yang sangat rendah di dalam tubuh, tetapi belum mampu untuk menghilangkan virus secara total. Sekarang, para ilmuwan telah menemukan tempat persembunyian mereka. Sebuah penelitian untuk menguji validitas hasil penelitian ini akan dimulai September tahun ini. Dr. Sekaly mengatakan, dia sangat optimis bahwa para peneliti akan mampu mengembangkan obat baru yang mampu membidik titik persembunyian yang telah dapat diidentifikasi melalui penelitian mereka.

sumber :  Jurnal Nature Medicine

 

Audi Yudhasmara

KORAN INDONESIA SEHAT

Yudhasmara Publisher

Jl Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta Pusat

Phone : (021) 70081995 – 5703646

https://koranindonesiasehat.wordpress.com/

 

 

 

 

Copyright © 2009, Koran Indonesia  Sehat  Network  Information Education Network. All rights reserved.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: