Oleh: Indonesian Children | Desember 16, 2009

Gangguan Lambung atau Dispepsia

Menurut survey paling tidak 1 dari 4 orang pernah mengalami hal ini , keluhan ini tidak spesifik untuk jenis kelamin tertentu. Keluhan yang seperti saya sampaikan di sering disebut dengan Dispepsia.

Gejala dan tanda :

Gejala yang sering terjadi adalah , nyeri dan rasa panas pada daerah lambung ,ulu hati , Rasa penuh pada lambung ,Rasa kembung ,Kadang rasa panas sampai ke daerah dada ,sering disertai dengan mual-mual ,kadang sampai muntah ,sering bersendawa.

Penyebab

Dyspepsia biasanya disebabkan oleh penyakit ulkus lambung ( tukak lambung ) atau kelebihan asam lambung. Sebagai contoh, apabila gangguan terjadi dibawah pusar biasanya organ tubuh yang terganggu adalah lambung, usus 12 jari, atau kantung empedu. Tidak menutup kemungkinan bila gangguan terjadi diatas pusar, organ-organ diatasnya bisa terlibat juga.

Pemeriksaan tambahan yang disarankan bergantung dari kecurigaan dokter kearah mana diagnosis nya. Sebagai contoh, apabila kecurigaan dokter ke arah ulkus lambung dapat dilakukan pemeriksaan tinja.  Bila curiga batu empedu atau kelainan kantung empedu dan hati, dilakukan pemeriksaan fungsi hati dan USG ( Ultra Sonography) Abdomen ( perut ).

Pengobatan

Obat-obatan biasanya  dapat menangani gangguan ini. Apabila anda mengalami luka (ulkus) lambung dapat mengkonsumsi obat anti-asam lambung. Apabila curiga ada infeksi maka antibiotic dapat diberikan.

Bila curiga ada obat-obatan yang anda minum menyebabkan gangguan pada lambung, maka obat tersebut harus segera dihentikan dan dokter akan mencarikan obat yang lebih cocok untuk kondisi lambung. Dengan berbagai pertimbangan kondisi lambung

Pemberian obat yang berfungsi menekan pengeluaran asam lambung yang akan mengurangi rasa nyeri dan baik untuk penyakit kelebihan asam lambung.
Selanjutnya bisa direncanakan endoskopi bila masih mengalami nyeri setelah diberikan obat selama 8 minggu ,hal ini diperlukan untuk melihat secara langsung kondisi lambung.

Dr Widodo Judarwanto SpA
KORAN INDONESIA SEHAT
Htpp://koranindonesiasehat.wordpress.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: