Oleh: Indonesian Children | Desember 1, 2009

SAKIT KEPALA PADA ANAK : BERBAHAYAKAH ?

Sakit kepala atau cephalgia merupakan keluhan yang paling sering ditemui dalam kehidupan sehari hari. Keluhan sakit kepala tidak hanya dialami oleh orang dewasa, anak anak pun dapat mengalami keluhan yang sama. Sakit kepala pada anak umumnya disebabkan oleh virus.

Sebagian orang tua memang menganggap serius bila anaknya mengeluh sakit kepala. Di benak mereka terbersit pikiran jika sang anak menderita penyakit gangguan dim otak, padahal tidak semua gejala sakit kepala merupakan sesuatu yang demikian. memang sakit kepala pada anak dapat disebakan karena kelainan di otak. tetapi justru sebaliknya penyebab sakit kepala pada anak yang terbanyak adalah gangguan ekstrakranial atau gangguan di luar kepala yang mengganggu fungsi susunan saraf pusat

Sakit kepala yang serius umumnya disertai gejala penyerta yang sangat mudah untuk diketahui. Berikut gejala penyerta yang perlu anda waspadai bila terjadi pada anak anda yang mengeluh sakit kepala.

  • Mual dan muntah secara terus menerus.
  • Cengeng.
  • Gelisah.
  • Lesu yang berlebihan.
  • Masalah pada pernafasan.
  • Nadi lemah dan cepat.
  • Tidak ada nafsu makan dan minum.
  • Kaku pada tengkuk.
  • Kesulitan berjalan.
  • Perubahan perilaku.

Bila satu atau beberapa keluhan penyerta diatas dialami oleh anak anda, segeralah ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Berikut adalah penyakit yang sering menyebabkan anak anda sakit kepala :

  • Alergi Makanan dan hipersensitifitas Makanan. Meskipun hal ini jarang dibahas dan dikemukakan oleh para klinisi, tetapi dalam praktek sehari-hari sering ditemukan gangguan sakit kepala disebabkan karena adanya pengaruh alergi makanan dan hipersensitif makan. Sampai saat inipun beberapa penelitian telah menunukkan bahwa hal tersebut sering dilaporkan. Bila dicurigai penyebabnya karena pengaruh makanan biasanya juga disertai oleh gangguan saluran cerna seperti nyeri perut, kembung, mual, sulit BAB atau diare.
  • Infeksi Saluran Nafas Atas (ISPA) Keluhan sakit kepala pada anak yang disertai dengan demam, nyeri menelan, pilek dan infeksi pada sinus. Biasanya anak yang sebelumnya sering mengalami sakit kepala saat terjadi ISPA sakit kepalanya lebih hebat dibandingkan anak lainnya.
  • Migren Anak anak dapat mengalami apa yang dinamakan migren klasik yang salah satu gejalanya adalah sakit kepala. Jika keluhan utama ada pada pencernaan seperti mual, muntah, nyeri ulu hati disamping sakit kepala maka anak anda mengalami apa yang disebut gastric migraine. Seperti halnya pada orang dewasa, gejala migren klasik pada anak antara lain : Mengeluh sakit.Terlihat sakit.Penglihatan kabur.Nyeri kepala sebelah.Mengalami gangguan penglihatan dan penciuman sebelum gejala migren muncul (aura).
  • Sakit Kepala Tegang (Tension Headaches)Sakit kepala tegang juga sering terjadi pada anak anak yang mengindikasikan kalau mereka sedang stress. Sakit kepala terutama dirasakan di daerah leher belakang sampai kepala belakang.
  • Gangguan PenglihatanAnak anak yang sudah bersekolah terkadang mengeluh sering sakit kepala dan tidak bisa melihat dengan jelas tulisan di papan tulis. Bila ini terjadi, kemungkinan anak tersebut mengalami gangguan penglihatan. Solusinya adalah dengan memeriksakan tajam penglihatan ke dokter mata dan bila perlu menggunakan kaca mata.

Penyebab Intrakranial yang jarang

  • Radang Selaput Otak (Meningitis) Radang selaput otak merupakan penyakit infeksi yang sangat serius. Segeralah ke dokter jika anda menganggap anak anda menderita meningitis. Beberapa gejala yang harus diperhatikan antara lain :Kaku pada tengkuk.Menghindari cahaya.Demam.Terlihat sakit keras.Bercak bercak merah pada kulit.Nadi cepat.Cengeng.Lemah dan lesu.Kejang. Meningitis memerlukan pengobatan dengan antibiotika dosis tinggi yang diberikan langsung melalui pembuluh darah balik. Penderita meningitis memerlukan observasi ketat di rumah sakit untuk mencegah komplikasi lebih lanjut.
  • Tumor Otak.Tumor otak merupakan penyakit yang paling ditakuti orang tua saat anaknya mengeluh sakit kepala. Berikut gejala gejala penyerta yang perlu di waspadai pada tumor otak :Sering mengalami sakit kepala berat.Muntah muntah.Kejang.Selalu sakit kepala saat bangun pagi.Sakit kepala menyebabkan anak sulit tidur.Sakit kepala tambah parah jika berbaring.Sakit kepala tambah hebat jika batuk atau bersin.Penglihatan ganda.Gangguan berjalan.Perubahan perilaku.

 

KORAN INDONESIA SEHAT

Yudhasmara Publisher

Jl Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta Pusat

Phone : (021) 70081995 – 5703646

https://koranindonesiasehat.wordpress.com/

 

 

 

 

 

Copyright © 2009, Koran Indonesia  Sehat  Network  Information Education Network. All rights reserved.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: