Oleh: Indonesian Children | November 28, 2009

Kanker Paru-paru, salah satu penyebab kematian terbanyak

Sekitar 28% kasus kematian disebabkan karena kanker pada pria. Sedangkan, 16% kematian pada perempuan disebabkan kanker paru-paru. Kanker paru-paru merupakan salah satu penyebab kematian terbesar dan kanker itu adalah tumor ganas. Seseorang yang tumor belum tentu kanker. Sedangkan bila sudah kanker, sudah tentu tumor.

Letak kanker paru-paru bisa di saluran napas atas (bronkhus) namun bisa di jaringan paru-paru. Bila terletak di saluran napas atas maka penderita akan mengalami sesak napas, disebabkan penekanan akibatnya batuk dan bisa menurunkan berat badan. Sedangkan pada paru-paru bagian ujung, belum tentu akan mengalami sesak akhirnya batuk. Sebenarnya tergantung di daerah mana kanker itu tumbuh, daerah bronkus atau ujung.
Dari segi kecepatan pertumbuhannya, ada dua jenis kanker paru-paru. Di antaranya, jenis sel bentuk kecil-kecil (small cell carcinoma), yakni pertumbuhan kanker cenderung sangat cepat. Tapi lebih mudah untuk diobati, hanya dengan obat kanker atau sinar jenis yang lainnya (adinokarsinoma).
Kanker paru-paru jenis non small cell carcinoma, yakni adeno carcinoma (squamouk cell carcinoma), jenis kanker ini sulit diobati. Perlu ahli patologi anatomi untuk memeriksa dan diobati. Pengobatannya bisa dengan cara teknik tusuk atau disuntik pada paru-parunya (akpirasi bioksi intratorakal). Kemudian diambil sel paru-parunya lalu diwarnai, kemudian jenis kankernya diperiksa.

Kanker paru-paru cenderung sering dialami kaum perokok. Sehingga, seorang perokok harus hati-hati, karena disebut sebagai tumor primer. Penyebab kanker paru-paru juga bisa timbul dari sumber tempat lain. Seperti berawalnya dari tumor sekunder, yakni kanker payudara, tulang, buah pelir (testis) kemudian ke organ lain (paru-paru).
Penyebab kanker paru-paru, disebabkan beberapa faktor seperti genetik (keturunan), gaya hidup (konsumsi alkohol dan rokok), begitu juga dengan asap memasak atau asap rokok. Menghirup asap memasak saja bisa sebabkan kanker paru-paru, bila dalam jangka waktu lama. Begitu juga dengan hanya menghirup asap rokok (perokok pasif) sama bahayanya dibanding tokoh utama yang perokok

 

KORAN DEMOKRASI INDONESIA

Yudhasmara Publisher

Jl Taman Bendungan Asahan 5 Jakarta Pusat

Phone : (021) 70081995 – 5703646

email : judarwanto@gmail.com 

http://korandemokrasiindonesia.wordpress.com/

 

 

 

 

 

Copyright © 2009, Koran Demokrasi Indonesia  Network  Information Education Network. All rights reserved.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: